pelajaran 10 - kata ganti milik

Table of Content [Lihat di sini]
1-kata-ganti-milik-durusul-lughah
2-kata-ganti-milik-durusul-lughah
3-kata-ganti-milik-durusul-lughah





Keterangan gambar berdasarkan urutan nomor.
1. Bil jaami’ah.
Bi disini berarti di atau pada. Arti secara lengkap adalah: Saya murid di Universitas atau dapat juga saya mahasiswa.
2.Kata ganti milik untuk orang kedua tunggal mudzakkar adalah : ka.
Misalnya: nama anda , kita ucapkan ismuka (إسمك)
3.Kata ganti milik untuk orang pertama adalah ي.
Misalnya: nama saya, kita ucapkan ismii (
إسمي )
4.Kata ganti milik untuk orang ke tiga tunggal mudzakkar adalah hu.
Misalnya: nama dia , kita ucapkan ismuhu (
إسمه)
5.Khusus untuk abun (أب)dan akhun (أخ) mempunyai pola tersendiri bila diikuti kata ganti milik. Contoh:
-saudara laki-laki mu:
أخوك  (akhuuka)
-saudara laki-lakinya Ahmad:
أخو أحمد (Akhuu Ahmad)
-bapaknya dia:
أبوه  (abuu hu)
Kesimpulan: jadi sebelum mudhaf ilaih harus ditambah huruf waw (و), kecuali untuk kata ganti orang pertama seperti ayahku (أبي) atau saudara laki-lakiku (أخي)
6. kata kerja waktu lampau (fi’l madhi) untuk orang kedua tunggal mudzakkar (mufrad mudzakkar). Contoh:
-Anda telah pergi: dzahabta (ذهبت)
7.Kata kerja waktu lampau untuk orang pertama. Contoh:
-saya telah pergi: dzahabtu (ذهبت)
8.Kepemilikan utamanya adalah yang terkait dengan anggota tubuh dan hubungan persaudaraan, memakai kata “ lii” contoh:
-saya punya saudara laki-laki: lii akhun (لي أخ)
9. Kepemilikan untuk benda memakai kata ‘inda (عند). Contoh:
-kamu punya mobil: ‘indaka sayyaratun (عندك سيارة)
10.Kalimat negative dengan menggunakan maa (ما). Contoh:
-Saya tidak punya mobil: maa ‘indii sayyaratun (ما عندي سيارة)
 
Hal lain yang dipelajari pada bab 10 ini adalah:
1.Kata ganti milik (kepunyaan)

Saya

ي

Dia (lk)

ه

Dia (pr)

ها

Kamu (lk)

ك
 
2.kata untuk menyatakan kepemilikan adalah lii, jika diikuti oleh kata ganti milik berubah menjadi la. Contoh:
-apakah kamu mempunyai saudara laki-laki : أ لك أخ ؟ (a laka akhun ?)
3.Nama laki-laki yang berakhiran ta marbutoh, tidak bertanwin.  Contoh:
-hamzatu (حمزة), usaamatu (أسامة), mu’aawiyatu (معاوية)
Kosa kata baru
Teman (زميل), suami (زوج), anak kecil (طفل), pemuda (فتى)