pelajaran 11 - ulangan materi sebelumnya

Table of Content [Lihat di sini]
Pada pelajaran ini sebagian besar pengulangan, namun ada beberapa hal yang baru, yaitu:
1.Fiihi (فيه): artinya adalah di/didalamnya, nya disini untuk kata ganti mudzakkar.
Contoh:


Siapa yang di dalam rumah?

من في هذا البيت ؟

Didalamnya hamid

فيه حامد
 
2.Fiiha (فيها): artinya adalah di/didalamnya, nya disini untuk kata ganti mu’annats.
Contoh:

Apa yang ada di dalam tas?

ماذا في الحقيبة ؟

Didalamnya ada bukuku dan penaku

فيها كتابي و قلمي
 
3.Uhibbu (أحب): artinya adalah saya mencintai.
Kaidah: untuk object dari sebuah kata kerja bentuknya adalah manshub (fathah).
Contoh:
Saya mencintai rasul: أحب الرسول  (Uhibbu arrasuula)
Materi pelajaran 11 durusul lughah1

 
pelajaran11-durusullughah1-baiti


Cerita di atas, artinya adalah sebagai berikut:
Rumahku
Ini rumahku.
Rumahku berada di depan masjid itu.
Rumahku indah.
Di dalamnya ada taman kecil.
Ini kamarku.
Di dalamnya ada jendela besar dan kipas angin yang bagus.
Ini kasurku, ini kursiku dan ini mejaku.
Jam tanganku, penaku dan bukuku ada di atas meja.
Dan tasku di bawah meja.
Jendela kamarku terbuka.
Ini kamar saudaraku.
Dan itu kamar saudariku.
Kamarnya saudaraku besar dan kamarnya saudariku kecil.
Kamarnya saudaraku di depan kamarku dan kamarnya saudariku di depan dapur.
Saya mempunyai satu saudara namanya usamah, dan saya mempunyai satu saudari namanya Su’ad.
Bapakku dan ibuku di kamar tidur yang besar itu.
Aku mencintai bapakku dan ibuku.
Dan aku mencintai saudaraku dan saudariku.