Pelajaran 23 - durusul lughah al arabiyyah jilid 1

Table of Content [Lihat di sini]
pelajaran23-durusul-lughah1-a


pelajaran23-durusul-lughah1-b

Alhamdulillah, akhirnya saya sampai pada pelajaran terakhir pada kitab durusul lughah jilid satu yaitu pelajaran ke 23. Ustadz yang mengajarkan saya membuat soal test untuk saya kerjakan. Tipe testnya lisan yaitu untuk melatih pendengaran dan melatih pengucapan, dan tertulis untuk melatih ketepatan dalam menulis. 

Salah satu ikhtiar untuk mengingat dan mengulang adalah catatan kaidah tiap pelajaran pada kitab ini, saya tulis kembali di blog belajar bahasa arab dasar ini (walaupun tidak selengkap catatan saya di buku). Jadi ketika saya ingin murojaah sekilas, saya bisa langsung membuka blog ini. 

Kaidah pada bab 23 ini adalah:
-kata yang tidak memiliki tanwin (mamnu’ mina ashsharfi), jika didahului oleh kata depan atau berfungsi sebagai mudhaf ilaihi, maka kata tersebut berharakat fathah (mempunyai akhiran –a)
Contoh:
Untuk yusuf: ليوسف (liyuusufa)
Bukunya Ahmad: كتاب أحمد (kitaabu Ahmada)

Demikianlah pelajaran yang ada di kitab durusul lughah jilid 1 ini. Catatan pembelajaran ini akan bersambung ke durusul lughah jilid 2, Insya Allah..