Kaidah ya nisbah dan fungsinya - Kitab Ta'biir pelajaran 1 hiwar 4

Table of Content [Lihat di sini]

Setelah mempelajari ekspresi/ta'biir untuk menyatakan ingin dalam bahasa Arab, maka pada percakapan ke empat ini kita akan mempelajari tentang ya nisbah.

Sebenarnya tentang ya nisbah telah dibahas sedikit pada pelajaran yang lalu, baca di sini:
http://belajarbahasaarabdasar.blogspot.co.id/2018/03/belajar-bahasa-arab-baina-yadaik.html

Namun ya nisbah ini akan diulas lebih dalam lagi karena pelajaran ini terkandung di hiwar 4 pada pelajaran kesatu kitab ta'biir.


kaidah dan contoh ya nisbah



Hiwar 4 pelajaran 1 kitab at-Ta'biir


أَنَسٌ : مِنْ أَيْنَ أَنْتَ؟
Dari mana anda?


نَعِيْمٌ : أَنَا مِنَ الوِلاَيَاتِ المُتَّحِدَةِ
Saya dari USA.


أَنَسٌ : مِنْ أَيِّ وِلاَيَةٍ أَنْتَ؟
Dari negara bagian apa?


نَعِيْمٌ : أَنَا مِنْ وِلاَيَةِ إِنْدِيَانَا. وَمِنْ أَيْنَ أَنْتَ؟
Saya dari Indiana. Anda dari mana?


أَنَسٌ : أَنَا مِنَ اليَابَانِ, مِنْ مَدِيْنَةِ طُوكِيوُ
Saya dari Jepang, dari kota Tokyo.


نَعِيْمٌ : مَا لُغَتُكَ؟
Apa bahasa anda?


أَنَسٌ : لُغَتِي اليَابَانِيَّةُ , وَمَا لُغَتُكَ؟
Bahasa saya adalah bahasa Jepang, dan apa bahasa Anda?


نَعِيْمٌ : لُغَتِي الإِنْجِلِيزِيَّةُ
Saya bahasa Inggris.


Pelajaran yang dapat diambil dari percakapan di atas


Yang menjadi inti pelajaran ini adalah pada kalimat:


 لُغَتِي اليَابَانِيَّةُ  = bahasa saya adalah bahasa jepang.

 لُغَتِي الإِنْجِلِيزِيَّةُ = bahasa saya adalah bahasa Inggris.


Kaidah ya nisbah


Nisbah adalah menambahkan huruf ya  ( ي ) bertasydid.

Huruf terakhir isim itu kasrah.

Fungsi ya nisbah adalah untuk menisbatkan sesuatu kepadanya.

Contoh:

اليَابَانُ  = Jepang

Jika kita ingin menyebutkan bahasa atau kewarganegaraan yang menisbatkan Jepang, yaitu bahasa Jepang atau warga negara Jepang, maka kita harus menambahkan ya nisbah.

Bahasa jepang = لُغَةُ اليَابَانِيَّةَ = lughah al-yaabaaniyyah

Warga negara (bangsa) Jepang = يَابَانِيٌّ = yaabaaniy

Dia (lk) adalah warga negara Jepang = هُوَ يَابَانِيٌّ =  huwa yaabaaniy

Dia (pr) adalah warga negara Jepang = هِيَ يَابَانِيَّةٌ = hiya yaabaaniyyah