Cara menambah kosakata bahasa Arab

Table of Content [Lihat di sini]
Selama Ramadhan ini kelas bahasa Arab libur, tapi bukan berarti libur pula pembelajarannya. Bahkan pelajarannya itu harus dimurojaah dan melakukan pembelajaran secara mandiri. Salah satu hal yang bisa dilakukan secara mandiri adalah menambah kosakata bahasa arab


cara menambah kosakata bahasa arab dan mencari tahu artinya


Bagaimana cara menambah kosakata bahasa arab? Ada banyak cara, contohnya yang paling konvensional adalah baca kamus dan menghapalnya, atau menuliskan kata baru di buku khusus kosakata sehingga nanti bisa diulang sampai hapal artinya, bisa juga dengan membaca artikel dalam bahasa arab atau mendengar native speaker berbahasa arab sehingga jika anda menemukan kata baru anda dapat mencatatnya untuk kemudian dicari di dalam kamus. 

Yang menjadi masalah adalah ketika anda menemukan kata baru, akan tetapi anda tidak menemukannya di dalam kamus. Kalau kasus ini mungkin terjadi jika anda mendengar atau membaca kata itu dalam bentuk jamak, atau kata kerja yang bentuknya bukan kata dasar sehingga anda tidak menemukannya di kamus. Anda harus mengetahui dulu kata dasarnya, baru dapat dicari di kamus. Akan tetapi saya mempunyai cara tersendiri untuk permasalahan ini. Apa caranya? Akan saya jelaskan untuk mencari arti kosakata baru dalam bahasa arab versi saya di bawah ini.

Cara menambah kosakata bahasa Arab


-Saya menonton channel TV streaming Saudi, biasanya saya menonton Saudi Sunnah yaitu siaran langsung dari Masjid Nabawi. Anda dapat mencari URL TV streaming tersebut di mesin pencari, ini ada tips dalam melakukan pencarian, silakan lihat di tips pencarian di google
 
-Ketika saya menemukan kata yang baru, saya langsung mencatatnya. Oleh karena saya pemula, maka saya mencatat dengan huruf latin. Di sini saya langsung berikan saja contohnya yang kemarin saya dapatkan, yaitu kata laa yanbaghi. Untuk sementara saya tulis seperti itu. 

-Oleh karena saya tidak punya keyboard Arabic atau word for Arabic, maka saya mencari lafazh laa yanbaghi ini di pencarian lafaz Al Quran 
 
Dalam hal ini, saya mencoba mencari lafaz di dalam Alquran dan ternyata ketemu. Inilah screenshoot nya.

transliterasi arab ke indonesia kosakata bahasa arab


Dari sini ditemukan bahwa kata laa yanbaghi terdapat di dalam surat Shaad (38) ayat 35.

-Lalu saya pergi ke halaman http://quranterjemah.com yang ada fasilitas terjemahan per kata. Setelah itu saya memilih surat Shaad ayat 35 ini. Setelah itu anda sorot mouse ke kata tersebut, dan artinya akan muncul dalam bentuk box. Seperti tampak pada gambar di bawah:

terjemahan kosakata bahasa arab


Dari sini, saya mendapatkan tulisan dalam bahasa arabnya serta terjemahan dari laa yanbaghii itu adalah tidak patut.


===================================

Update: web yang saya sebut di atas, sudah tidak ada lagi, jadi saya update tulisan ini dengan web yang lain yaitu quran.com


untuk arti per-kata, sekarang saya menggunakan tool di http://quran.com , tinggal diubah translationnya ke bahasa Indonesia. 

Di web ini, arti yanbaghii adalah patut. laa adalah tidak. jadi laa yanbaghii maknanya: tidak sepatutnya, tidak seharusnya, tidak semestinya.

Di bawah ini adalah gambarnya:


tips mencari arti kata bahasa arab di web

===================================


- Agar lebih lengkap, saya juga mencarinya di http://translate.google.com (Arab-Indonesia). Untuk transliterasi dari Indonesia ke Arab saya gunakan fasilitas yang google sediakan, yaitu : google ta3reeb  .Setelah mendapatkan teks arabnya, lalu saya copy paste ke translate.google.com. Arti dari laa yanbaghii adalah seharusnya tidak. Di sini saya juga dapat melihat penggunaan kata ini dalam kalimat. Anda dapat melihat tampilannya di bawah:


google translate kosakata bahasa arab



-Terakhir, saya akan mencari kata kerja ini dalam bentuk fi’il madhi, mudhari, dan amar nya di http://alqamus.moe.edu.my/ealqamus/v4/utama.aspx dan copy paste kata di atas. Lalu muncullah pola kata kerja yanbaghii tersebut seperti gambar di bawah:


pola fiil kosakata bahasa arab

Dari gambar di atas yanbaghii berarti harus atau perlu. Jadi jika ditambahkan kata laa didepannya berarti tidak harus atau tidak perlu.


===================================

Update: akhir-akhir ini web ini sukar diakses, sebagai penggantinya saya menggunakan kamus online al maany yaitu di: https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/ 

===================================

Kesimpulan

Ada banyak cara dalam belajar bahasa arab, terutama dalam menambah dan mengetahui arti kosakata bahasa arab. Dan yang paling penting setelah mendapatkan kosa kata baru adalah menghapalnya, menulisnya, dan mempraktekkannya.