Tips cara belajar bahasa Arab yang efektif selama bulan Ramadhan

Table of Content [Lihat di sini]
tips belajar bahasa arab pada bulan ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan yang berkah, oleh karenanya banyak kaum muslim yang semangat beragamanya naik, termasuk semangat untuk belajar agama salah satunya belajar bahasa Arab.

Sebelum saya mengupas tips cara belajar bahasa Arab pada bulan Ramadhan agar tercapai tujuan belajar, untuk lebih memotivasi diri, maka saya akan uraikan poin demi poin apa saja manfaat belajar bahasa Arab selama bulan Ramadhan.


Manfaat belajar bahasa Arab di bulan Ramadhan


Berikut adalah manfaatnya:


1. Menguatkan pemahaman tentang agama Islam.

Mengapa? Karena belajar bahasa Arab akan membuat kita mengerti arti ayat-ayat al-Quran dan hadits-hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Jika telah mengerti maka pemahaman kita tentang agama Islam akan meningkat karena sumber ilmu agama Islam yaitu al-Quran beserta tafsirnya, hadits beserta penjelasannya dari para 'ulama melalui kitabnya adalah berbahasa Arab. 

Ketika itulah pemahaman kita tentang agama Islam makin menguat.


2. Akan memudahkan kita khusyu' dalam beribadah.

Ibadah seperti shalat, baca al-Quran, berdoa, berdzikir, dan lainnya dilakukan dalam bahasa Arab. 

Ketika kita mengerti apa yang kita baca, maka akan lebih mudah kita menjiwai ibadah. Hal ini membuat kita khusyu' dan kualitas ibadah kita akan meningkat.


3. Masa bulan Ramadhan adalah masanya kaum muslimin sedang semangat-semangatnya beribadah, masjid tetiba banyak jamaahnya, kajian-kajian motivasi dan keislaman menjamur, aktivitas pembelajaran meningkat, dan lain lain.

Nah, ketika atmosfer beribadah dan menuntut ilmu sangat mendukung, maka pada masa ini seharusnya kita membuat program untuk belajar bahasa Arab sesuai dengan tujuan atau goal masing-masing, misalnya:

- Ada yang memasang target harus mendapatkan dan menghafalkan 300 kosakata/mufradat baru selama bulan Ramadhan, ini artinya rata-rata setiap hari kita menghafalkan 10 kosakata baru.

- Ada yang memasang target menghafal 6 Bab wazan fi'il tsulatsi mujarrad beserta contoh-contoh mauzunnya

- dan lainnya


Setelah mengetahui banyak manfaat belajar bahasa Arab, maka kita akan melangkah ke bahasan cara mengatur waktu belajar bahasa Arab di tengah kesibukan aktivitas (belajar bagi pelajar, bekerja bagi karyawan, berdagang bagi pedagang, berusaha bagi pengusaha, mengurus rumah tangga bagi ibu rumah tangga, dan seterusnya) pada bulan Ramadhan.


Saya akan tuliskan juga dalam bentuk list atau poin per poin.


Cara Mengatur Waktu Belajar Bahasa Arab di Tengah Kesibukan Bulan Ramadhan


cara mengatur waktu belajar bahasa arab


Di bawah ini adalah beberapa cara mengatur waktu belajar bahasa Arab di tengah kesibukan beribadah di bulan Ramadhan:


1. Tentukan jadwal belajar yang konsisten. 


Sobat dapat memilih waktu yang tepat untuk belajar bahasa Arab, misalnya setelah sahur, sebelum berbuka puasa, atau setelah tarawih.

Contoh memilih waktu yang tepat: Gunakan waktu luang di sela-sela kesibukan beribadah untuk belajar bahasa Arab, misalnya setelah sholat Tarawih atau sebelum sholat subuh.


2. Buat target belajar harian yang realistis dan terukur. 


Contoh target yang realistis adalah target yang kita pikir kita dapat mencapainya, misalnya: mempelajari satu kosakata baru setiap harinya atau membaca satu halaman kitab dalam bahasa Arab setiap hari.


3. Buat catatan kecil atau menggunakan aplikasi pengingat (reminder, alert, atau alarm) untuk membantu mengingat jadwal belajar yang sudah ditentukan.


4. Manfaatkan kesempatan belajar bahasa Arab secara bersama-sama dengan teman atau keluarga yang sama-sama mempunyai program belajar bahasa Arab yang sama.

Biasanya ketika kita melakukan sesuatu secara bersama, kita akan merasakan lebih semangat dan lebih mudah menyelesaikan sesuatu tersebut dibanding ketika kita melakukan itu secara sendirian.

Manfaat lainnya dari belajar bersama adalah adanya aktivitas saling mengingatkan satu dengan lainnya, ketika salah satu dari kita ada yang lupa, atau saling memotivasi, ketika salah satu dari kita ada yang terperangkap rasa malas.

5. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup dan menjaga kesehatan.

Jangan sampai kelelahan karena terlalu fokus pada belajar bahasa Arab  mengganggu ibadah puasa dan aktivitas utama kita lainnya.

Dengan mengatur waktu belajar bahasa Arab dengan baik, diharapkan dapat memperoleh manfaat belajar yang optimal tanpa mengganggu kesibukan beribadah di bulan Ramadhan.


Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif Selama Bulan Ramadhan


Kini tibalah saatnya kita membahas inti dari bahasan kita, yaitu strategi atau cara belajar bahasa Arab yang efektif selama bulan Ramadhan.

Jika sobat pemula dalam bahasa Arab, dalam arti baru akan memulai pembelajaran, strategi belajarnya tidak lain dan tidak bukan adalah mencari guru bahasa Arab.

Ikut kursus bahasa Arab, baik yang online maupun yang offline di dekat rumah. 

Ada banyak kelas yang memulai pembelajaran dari awal (dari nol) pada bulan Ramadhan, segera ikuti, beli kitab panduan yang dipakai sang guru, ikuti pembelajarannya sampai tamat satu kitab.

Nah, itu adalah cara belajar untuk pemula yang dari nol. 


strategi belajar bahasa arab yang efektif


Di bawah ini adalah strategi cara belajar bahasa Arab bagi sobat yang sudah menamatkan satu kitab, seperti kitab Durusul lughah, baina yadayk, ajurrumiyyah, dan kitab dasar bahasa Arab lainnya.

Bagi sobat yang telah tamat satu kitab, setidaknya sudah ada modal untuk murajaah atau belajar sendiri atau mengulang pelajaran yang telah didapat.

Untuk sobat yang sudah ada modal di atas, maka di bawah inilah strategi belajar/mengulang/menambah kemampuan bahasa Arab selama bulan Ramadhan.

Saya akan tuliskan dalam bentuk poin.


1. Mulailah dengan menambah kosakata dasar dan lanjutan. 


Maksudnya kosakata dasar adalah kata itu sendiri, misalnya:


buku = كِتَابٌ


jauh = بَعِيدٌ


Maksud dari kosakata lanjutan adalah turunan dari kata dasar tersebut, misalnya:

- Kita telah tahu bahwa bahasa Arab buku adalah كِتَابٌ. Sekarang kita tambah kosakata kita dengan mengetahui apa jamaknya dari kitaab. Bentuk jamaknya adalah كُتُبٌ

- Kita telah tahu bahasa Arabnya jauh adalah ba'iidun. Sekarang kita tambah kosakata dengan mengetahui lawan kata dari ba'iid, yaitu قَرِيْبٌ

- Bisa juga dengan menambah pengetahuan tentang sinonimnya.

- Dan seterusnya.


Mengapa menambah kosakata penting dan harus dimasukkan dalam program belajar bahasa Arab selama bulan Ramadhan ini?

Karena kosakata ini akan membantu memahami struktur kalimat dalam bahasa Arab. Jangan mencoba mempelajari banyak kosakata sekaligus, cukup beberapa kosakata setiap hari.


2. Baca Al-Quran dengan memahami artinya dalam bahasa Arab. 


Selain memperdalam pemahaman tentang Al-Quran, ini juga dapat membantu memperluas kosa kata dan mempelajari tata bahasa dalam bahasa Arab.

Manfaatkan buku/kamus atau aplikasi belajar bahasa Arab. 

Ada banyak kamus online atau aplikasi web yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab.


Di bawah ini adalah contoh kamus online atau aplikasi web yang membantu anda belajar bahasa Arab:


a. Untuk kamus online, sobat bisa menggunakan almaany https://www.almaany.com 


b. Untuk mengetahui arti kata per kata al-Quran, sobat bisa lihat di https://Quran.com


Lihat video di bawah untuk mengetahui cara bagaimana untuk melihat arti kata per kata al-Quran pada website quran.com  




c
. Untuk mengetahui syntax al-Quran, kaidah nahwu, asal (kata dasar) sebuah kata, sobat bisa menggunakan corpus quran.


Lihat gambar di bawah untuk mengetahuinya. 


belajar struktur kalimat bahasa arab online



3. Berbicaralah dengan orang yang fasih berbahasa Arab. 


Berbicara langsung dengan orang yang fasih berbahasa Arab (guru bahasa Arab sobat, atau teman sobat yang native speaker) akan membantu meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab. 

Bila tidak ada orang yang bisa diajak bicara, gunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau keluarga yang juga tengah mempelajari bahasa Arab, misalnya teman atau saudaranya sobat yang tengah menuntut ilmu di Saudi atau yang sedang bekerja di timur tengah.


4. Tonton film atau video kajian/edukasi dengan subtitle bahasa Arab. 


Ini dapat membantu memperluas kosakata dan meningkatkan pemahaman tentang tata bahasa dalam bahasa Arab.

Kalau saya, untuk latihan listening dan pemahaman dalam mendengar bahasa Arab, saya sering menonton channelnya su'ud wa sarah


Di bawah ini adalah strategi jika anda telah mempunyai modal yang telah saya sebutkan di atas, dan pada bulan Ramadhan ini belajar secara mandiri untuk menambah kemampuan bahasa Arab.


Strategi Belajar Bahasa Arab Pada Bulan Ramadhan


Mengoptimalkan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Selama Bulan Ramadhan


Adapun contoh aplikasinya adalah sebagai berikut:


1. Duolingo


Sobat dapat menginstal aplikasi di mobile phone atau langsung belajarnya via website.

Jika sobat suka bermain dengan metode gamifikasi atau belajar melalui permainan, duolingo cocok untuk menambah skill bahasa Arab terutama kosakata bahasa Arab.


2. Rosetta stone


Ini aplikasi berbayar. Aplikasi ini menawarkan metode belajar bahasa Arab yang berfokus pada keterampilan berbicara dan mendengar. 

Aplikasi ini menggunakan teknologi pengenalan suara untuk membantu pengguna meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab (Leading speech recognition technology to perfect your accent).


3. https://www.busuu.com/id 


4. https://app.mondly.com/home


Demikianlah sharing dari saya tentang cara belajar bahasa Arab yang efektif selama bulan Ramadhan.


Semoga sobat semua dapat menjalankan ibadah puasa dan belajar bahasa Arab dengan baik.