Belajar Terjemah | Ucapan Abu Darda' radhiallahu 'anhu kepada istrinya

Table of Content [Lihat di sini]

Mari kita belajar menerjemah teks Arab ke dalam bahasa Indonesia.


kisah ucapan abu darda' kepada ummu darda'



Teks Arab ini saya dapat dari grup telegram, link-nya adalah : https://t.me/selectedbenefits/6

Teksnya terdapat dalam gambar di bawah.


ucapan abu darda ke ummu darda dalam teks arab

Mari kita bedah arti kata per kata, dan terjemahan lengkapnya.


Teks Arab ucapan Abu darda radhiallahu 'anhu kepada istrinya


قال أبو الدرداء رضى اللّه عنه لأمّ الدّرداء 

إذا غضبت فأرضيني

وإذا غضبتي أرضيتك

فإن لم نفعل ذلك

فما أسرع أن نفترق


Arti kata per kata

- قَالَ : berkata

- أبو الدرداء = Abu ad-dardaa'

- رضى اللّه عنه = semoga Allah Ta'ala meridhoinya

- لأمّ الدّرداء = kepada ummu ad-dardaa'


قال أبو الدرداء رضى اللّه عنه لأمّ الدّرداء  artinya : Berkata Abud darda' radhiallahu 'anhu kepada ummud darda'


Bait pertama

- إِذَا artinya : jika; apabila

- غَضِبْتُ 

Asal fi'il nya : غَضِبَ - يَغْضَبُ artinya marah.

Jadi غَضِبْتُ artinya :  saya marah.


- فَأَرْضِيْنِي 


* فَ artinya maka

* أَرْضَى - يُرْضِي = membuat ridha; menjadikan ridha

fi'il amr untuk orang kedua tunggal mudzakkar : أَرْضِ

fi'il amr untuk orang kedua tunggal mu-annats : أَرْضِي

jadi arti أَرْضِينِي adalah buatlah aku ridha.

sehingga فَأَرْضِيْنِي adalah maka buatlah aku ridha; jadikanlah aku ridha; carilah keridhaanku; mintalah keridhaanku.

Kesimpulan:

Arti إذا غضبت فأرضيني (idzaa ghadhabtu fa-ardhiinii) adalah "jika aku marah maka buatlah aku ridha"


Bait kedua


- وإذا = dan ketika

- غَضِبْتِي = kamu marah kepadaku

- أَرْضَيْتُكِ 

أَرْضَيْتُ = aku meminta ridha

كِ = kamu (orang kedua tunggal mu-annats)

jadi أَرْضَيْتُكِ  artinya aku meminta keridhaanmu.


Kesimpulan :

Arti  وإذا غضبتي أرضيتك (wa idzaa ghadhibtii ardhaituki) adalah "dan jika kamu marah kepadaku, maka aku meminta keridhaanmu"



Bait ketiga


-  فَإِنْ = maka jika 

فَ = maka

إِنْ = jika


-  لَمْ = tidak

- نَفْعَلْ  = melakukan

Ia dalam keadaan majzum karena harf jazm لَمْ


- ذَلِكَ = itu


Kesimpulan :

Arti فإنّ لم نفعل ذلك (fa in lam naf'al dzaalika) adalah " karena jika kita tidak melakukan itu"


Bait keempat

فما أسرع أن نفترق

- فَ = maka

- أسرع

* asal fi'il nya سَرِعَ - يَسْرٍعُ , yang artinya cepat.


Bentuk fi'il ta'ajjub yang dibentuk dari fi'il tsulatsi mujarrad adalah : مَا أَفْعَلَ

Jadi  مَا أَسْرَعَ artinya adalah "betapa cepatnya"


- أَنْ = huruf an mashdariyyah, ia menashabkan fi'il.


- نَفْتَرِقَ 

ِAsal fi'il-nya adalah اِفْتَرَقَ - يَفْتَرِقُ yang artinya berpisah; meninggalkan satu sama lain.

نَفْتَرِقَ dalam keadaan manshub karena huruf nashab أَنْ 

Kesimpulan :

فما أسرع أن نفترق (famaa asra'a an naftariqa) artinya "betapa cepatnya kita berpisah alias meninggalkan satu sama lain"


Summary



إذا غضبت فأرضيني

وإذا غضبتي أرضيتك

فإنّ لم نفعل ذلك

فما أسرع أن نفترق


artinya :

Jika aku marah, maka hendaknya kamu meminta ridhaku

Dan jika kamu marah, aku akan meminta ridhamu

Karena jika kita tidak melakukan hal yang demikian

maka betapa cepatnya kita akan berpisah.



Di atas adalah hasil terjemahan kata per kata, sebenarnya kita dapat melakukan terjemahan bebas agar bahasanya tidak kaku, namun tidak merubah substansi pesan yang disampaikan.

Contoh terjemahan bebasnya :

Jika aku marah, maka redakanlah kemarahanku

Jika kamu marah terhadapku, aku akan meredakan kemarahanmu

Jika kita tidak berbuat hal itu

Maka perpisahan kita kemungkinan besar akan terjadi (maka alangkah cepatnya perpisahan kita)