Kosakata Bahasa Arab Anggota Keluarga - Mufrad dan Jama'

Table of Content [Lihat di sini]
Murajaah pekan ini saya seling dengan kosakata (mufradat) dengan tema anggota keluarga.

Saya selingi dengan kosakata bahasa arab, karena saya lihat ada beberapa orang yang mencari arti dari kosakata baik mufrad dan jamaknya (bentuk tunggal dan bentuk jamak) pada blog ini. Dan juga ada yang japri agar tulisan mengenai isim yang mufrad dan jamaknya diposting di blog ini.

Oleh karena itu saya memulai untuk menuliskan kosakata yang pernah saya dapat dan saya catat dan kali ini temanya adalah anggota keluarga.

Cara penulisan saya, saya mulai dahulu bahasa Indonesianya, lalu saya tulis bahasa Arabnya dalam bentuk tunggal (مفرد), kemudian saya tuliskan kata itu dalam bentuk jamaknya (جمع).

Mari kita mulai membaca dan menghafal kosakata bahasa Arab tentang anggota keluarga.

kosakata anggota keluarga dalam bahasa arab - saudara laki


Kosakata Bahasa Arab Anggota keluarga bentuk mufrad dan jamak

1. Ayah, bahasa arabnya = أّبٌ  = bentuk jamak dari أَبٌ adalah = آبَاءٌ 
Ayah = abun = aabaaun

2. Ibu = أُمٌّ (mufrad) = أُمَّهَاةٌ (jamak) 
Ibu = ummun = ummahaatun

3. Kakek = جَدٌّ (mufrad) = أَجْدّادٌ (jama')
Kakek = jaddun = ajdaadun

4. Nenek = جَدَّةٌ (mufrad) = جَدَّاتٌ (jamak)
Nenek = jaddatun = jaddaatun

5. Paman (dari ayah) = عَمٌّ  (tunggal) = أَعْمَامٌ (jamak)
Paman (dari ayah) = 'ammun = a'maamun

6, Bibi/Tante (dari ayah) = عَمَّةٌ (mufrad) = عَمَّاتٌ (jamak)
Bibi/Tante (dari ayah) = 'ammatun = 'ammaatun

7. Paman (dari ibu) = خَالٌ (mufrad) = أَخْوَالٌ (jama')
Paman/Om (dari ibu) = khaalun = akhwaalun

8. Bibi/Tante (dari ibu) = خَالَةٌ (mufrad) = خَالاَتٌ (jama')
Bibi/tante (dari ibu) = khaalatun = khaalaatun

9. Saudara laki-laki = أَخٌ (mufrad) = إِخْوَانٌ / إِخْوَةٌ (jamak)
Saudara laki-laki = akhun = ikhwatun/ikhwaanun

10. Saudara perempuan = أُخْتٌ (mufrad) = أَخْوَاتٌ (jamak)
Saudara perempuan = ukhtun = akhwaatun

11. Anak laki-laki = اِبْنٌ  (mufrad) = أَبْنَاءٌ (jamak)
Anak laki-laki = ibnun = abnaa-un

12. Anak perempuan = بِنْتٌ (mufrad) = بَنَاتٌ (jamak)
Anak perempuan = bintun = banaatun

13. Cucu laki-laki = سِبْطٌ (mufrad) = أَسْبَاطٌ (jamak).
      Cucu laki-laki = حَفِيْدٌ (mufrad) = حَفَدَةٌ (jamak)
Cucu laki-laki = sibthun/hafiidun = asbaathun/hafadatun

14. Cucu perempuan = حَفِيْدَةٌ (mufrad) = حَفِيْدَاتٌ (jamak)
Cucu perempuan = hafiidatun = hafiidaatun

15. Saudara kandung laki-laki = شَقِيْقٌ (mufrad) = أَشِقَّاءُ (jamak)
Saudara kandung laki-laki/kakak laki-laki/adik laki-laki = syaqiiqun = asyiqqaa-u

16. Saudara kandung perempuan = شَقِيْقَةٌ (mufrad) = شَقِيْقَاتٌ (jamak)
Saudara kandung perempuan/kakak perempuan/adik perempuan = syaqiiqatun = syaqiiqaatun

17. Suami = زَوْجٌ (mufrad) = أَزْوَاجٌ (jamak)
Suami = zaujun = azwaajun

18. Istri = زَوْجَةٌ (mufrad) = زَوْجَاتٌ (jamak)
Istri = zaujatun = zaujaatun

Itulah beberapa kosakata bahasa arab tentang anggota keluarga. Semoga bermanfaat.