Cara Mudah Mengartikan Kata Bahasa Arab Melalui Aplikasi Web

Table of Content [Lihat di sini]
Salah satu aktivitas dalam belajar bahasa Arab adalah aktivitas menambah kosakata bahasa arab atau mufradaat.

Cara menambah kosakata bahasa arab adalah:


1. Membaca dan menghafal kata-kata (al-kalimah) yang diberikan guru atau yang ada di buku pelajaran bahasa Arab.

2. Proaktif menambah sendiri diluar kata-kata yang ada yang kita dapat pada poin nomor satu.


Pada tulisan ini, saya akan fokus membahas poin nomor dua.

Seringkali ketika kita mendengar bacaan Al-Qur'an atau mendengar percakapan bahasa arab atau membaca buku pelajaran bahasa arab, rasanya sering mendengar kata tersebut, namun kita belum tahu artinya. Maka ada rasa ingin tahu apa arti dari kata-kata tersebut ke dalam bahasa Indonesianya.

Bagi yang memiliki kamus, mudah saja bagi kita mencari arti kata bahasa arab tersebut. Namun masalahnya, ketika kita di luar rumah dan tidak membawa kamus yang tebal itu, dan kita ingin sekali mengetahui apa arti kata dalam bahasa arab.

Nah, pada artikel ini saya sharing pengalaman bagaimana saya mencari arti kata dalam bahasa arab dengan bantuan aplikasi web yang tersedia. Aplikasi ini membantu sekali ketika saya menemukan kata baru dan saya ingin mengetahui artinya dengan cepat. Semoga Allah Ta'ala memberikan pahala kepada mereka para pembuat aplikasi itu.

Aplikasi web apa yang saya gunakan untuk menerjemahkan kata bahasa arab kedalam bahasa Indonesia?

Saya menggunakan setidaknya empat aplikasi. Keempat aplikasi ini sering saya pakai untuk :

1. Menerjemahkan kata bahasa arab ke dalam bahasa indonesia.
2. Mengetahui perubahan katanya (tashrif).
3. Mengetahui contoh kalimat dari kata tersebut dalam bahasa Arab.

Namun pada artikel ini, saya memberikan contoh dengan dua aplikasi saja, karena dua aplikasi ini sudah cukup jika kita hanya ingin tahu arti dari kata bahasa arab saja. Untuk aplikasi web lainnya akan saya tulis pada artikel selanjutnya. In syaa Allah.

Aplikasi yang saya gunakan dalam mencari kata bahasa arab dan artinya adalah :

1. Lafzi 
2. Quranic Arabic Corpus

Langkah Mencari dan Mengartikan kata bahasa Arab dengan Aplikasi Web



2. Ketik lafaz/kata (dalam bahasa Indonesia) yang hendak dicari artinya.

3. Klik Cari.

4. Nanti akan ketemu kata yang dimaksud. 

5. Setelah ketemu, saya akan buka http://corpus.quran.com/

6. Lalu ke menu Quran dictionary : http://corpus.quran.com/qurandictionary.jsp
 
7. Saya bisa melihat artinya dan juga kata turunannya, serta contoh kalimatnya di dalam Al-Qur'an.


Contoh cara mencari dan mengartikan kata bahasa Arab


Saya mendengar kata af-idah disebutkan ketika imam membaca surat pada suatu waktu. Saya ingin tahu artinya agar mendapatkan arti yang lengkap dalam satu kalimat.

1. Maka saya ke lafzi dan mengetikkan af idah.


mencari lafaz tertentu dalam alquran dan artinya


2. Dari gambar di atas, kita lihat bahwa kata af-idah (أَفْئِدَة) terdapat pada surat al-Humazah ayat 7.

3. Dari sini pula kita mengetahui arti dari ٌأَفْئِدَة  (af-idatun) yaitu hati.

4. Lalu saya ke http://corpus.quran.com/qurandictionary.jsp

5. Setelah itu saya cari kata dasarnya dari af-idah ini, yaitu kata yang terdiri dari huruf fa-hamzah-dal.

terjemah kata fuadun


6. Dari keterangan dan contoh pada halaman di atas, mufrad (kata tunggal) hati adalah فُؤَادٌ  (fu-aad), dan bentuk jamaknya adalah أَفْئِدَةٌ (af-idah).

Dari sini saya mendapatkan kosakata baru, yaitu bahasa arabnya hati selain qalbun (قَلْبٌ), yaitu fuaadun (فُؤَادٌ).

7. Pada halaman ini, saya mendapatkan contoh kalimat kata hati, baik yang berbentuk mufrad (fu-aadun) dan bentuk jamak (af-idatun) di dalam al-Quran.

contoh mufrad dan jamaknya dalam al-quran


Catatan

1. Cara yang saya jelaskan di atas adalah hanya untuk mencari terjemahan suatu kata dalam bahasa arab.

2. Aplikasi lafzi di atas, digunakan selain untuk mencari arti kata bahasa arab ke dalam bahasa Indonesia, dapat bermanfaat juga untuk mengetahui kata tersebut ada di dalam surat dan ayat berapa dalam al-Quran.

3. Langkah di atas adalah bukan untuk mengetahui tafsir al-quran, melainkan arti kata saja. Kalau ingin mengetahui tafsirnya, sobat harus mengikuti kajian dan duduk di majlisnya ustadz yang mengajarkan tafsir al-quran, juga ditambah dengan membaca buku terjemahan tafsir ibnu katsir. 

4. Untuk melakukan langkah seperti di atas, sebaiknya sobat belajar dahulu dasar-dasar ilmu nahwu dan sharaf pada guru atau ustadz yang mengajar bahasa Arab. Sehingga sobat dapat mengetahui kata tersebut apakah mufrad atau jamak, kata dasar atau kata imbuhan, perubahan katanya, dan seterusnya. 

5. Ini adalah salah satu sarana saja dalam belajar bahasa Arab (belajar via internet), idealnya adalah tetap kita harus duduk di majlisnya guru atau ustadz dengan sabar dan tekun. 


Semoga sharing saya ini bermanfaat bagi sobat, terutama bagi yang ingin mencari kata di dalam al-quran dan ingin mengetahui artinya, ingin mengetahui kata dasar dan kata turunannya, dan ingin mengetahui contoh kalimatnya yang ada di dalam Al-Qur'an. 

Jika sharing saya bermanfaat, silakan share kembali kepada sobat lain yang memerlukannya, agar kita semua bertambah kosakata bahasa arabnya dan mengerti arti dari al-quran.