Ta al-faa'il | Pelajaran 6 Durusul Lughah 2

Table of Content [Lihat di sini]

Dalam kitab Durusul Lughah jilid 2 pelajaran ke-6 ini, ada beberapa materi bahasan. Oleh karena itu saya akan tuliskan materi pelajaran dalam beberapa seri.

Kali ini, kita masih mempelajari tashrif fi'il madhi terutama fi'il madhi yang faa'ilnya هِيَ, أَنَا, أَنْتَ, أَنْتِ

materi dan penjelasan durusul lughah 2 pelajaran ke-6

تاء الفاعل (ta al-faa'il)


Di dalam fi'il madhi, terdapat empat jenis ta faa'il.

Lihat gambar di bawah.

tashrif fi'il madhi dengan ta' fa'il



Pada pelajaran keenam dalam kitab Durusul Lughah 2 ini, kita mempelajari ta faa'il ini, yaitu:


1. Jika faa'il mu-annats, maka diakhir fi'il ditambah ta ta'niits ( تَاءُ التَّأْنِيْثِ ).

Contoh yang dipaparkan dalam gambar di atas adalah ذَهَبَتْ  (dzahabat).

Huruf ta pada fi'il ini menunjukkan faa'ilnya mu-annats.


2. Jika faa'il adalah mufrad mudzakkar mukhaathab (dhamir أَنْتَ), maka ditambah dengan ta ( تَ )

Contohnya adalah ذَهَبْتَ (dzahabta).


3. Jika faa'ilnya mufrad mu-annats mukhaathab (dhamir أَنْتِ), maka akhirannya adalah ti ( تِ ).

Contohnya: ذَهَبْتِ (dzahabti).


4. Jika fa'il adalah mufrad mutakallim, maka akhirannya adalah tu ( تُ ).

Contoh: ذَهَبْتُ (dzahabtu).


Contoh kalimat menggunakan fi'il maadhi dengan akhiran ta faa'il

1. Contoh dhamir هِيَ

مَرْيَمُ خَرَجَتْ مِنَ الْفَصْلِ (maryamu kharajat min al-fashli).
Artinya: Maryam keluar kelas.

2. Contoh dhamir أَنْتِ

أَخَرَجْتِ مِنَ الْفَصْلِ يَا مَرْيَمُ ؟ (a kharajti minal fashli yaa maryamu?)
Artinya: Apakah kamu keluar kelas wahai maryam?

3. Contoh dhamir أَنْتَ

أَخَرَجْتَ مِنَ الْفَصْلِ يَا أَحْمَدُ ؟ (a kharajta minal fashli yaa ahmadu?)
Artinya: Apakah kamu keluar kelas wahai Ahmad?

4. Contoh dhamir أَنَا

أَنَا خَرَجْتُ مِنَ الْفَصْلِ (anaa kharajtu min al-fashli).
Artinya: saya telah keluar dari kelas.


Istifhaam & istifhaam manfiyy


Pada pelajaran ketiga durusul lughah jilid 2, hal ini telah kita pelajari. Namun dalam pelajaran keenam, materi ini diulang untuk memantapkan konsep kaidah jawaban istifhaam tersebut.

Contoh pertanyaan dan jawabannya

1. أَفَهِمْتَ الدَّرْسَ؟ (a fahimta ad-darsa?).
Apakah kamu paham pelajarannya?

jawab:
a. نَعَمْ, فَهِمْتُهُ (na'am, fahimtuhu).
Iya, saya paham pelajaran tersebut.

b. لاَ, مَا فَهِمْتُهُ (laa, maa fahimtuhu).
Tidak, saya tidak paham pelajarannya.


2. أَمَا فَهِمْتَ الدَّرْسَ؟ (a maa fahimta ad-darsa?)
Tidakkah kamu paham pelajarannya?

Jawab:
a. بَلَى. فَهِمْتُهُ (balaa. fahimtuhu).
Iya. Saya mengerti pelajaran tersebut.

b. نَعَمْ. مَا فَهِمْتُهُ (na'am. maa fahimtuhu).
Saya tidak mengerti pelajarannya.


Dhamir gha-ib sebagai maf'uul bih


Materi ini juga sudah dibahas pada pelajaran sebelumnya, namun diulang kembali pada pelajaran ini.

Contoh :

1. dhamir هُوَ

فَهِمْتُهَ (fahimtuhu).


2. dhamir هِيَ

فَهِمْتُهَا (fahimtuhaa).


3. dhamir هُمَا

فَهِمْتُهُمَا (fahimtuhumaa).


4. dhamir هُمْ

فَهِمْتُهُمْ (fahimtuhum).


5. dhamir هُنَّ

فَهِمْتُهُنَّ (fahimtuhunna).


dhamir ghaa-ib sebagai maf'uul bih



Contoh kalimat dengan dhamir gha-ib sebagai maf'ul bih

1. Apakah kamu melihat Ahmad?
Bahasa Arabnya: أَرَأَيْتَ أَحْمَدَ ؟  (a ra-aita ahmad?)

Iya, saya melihatnya.
Bahasa Arabnya: نَعَمْ. رَأَيْتُهُ (na'am. ra-aituhu).

2. Apakah kamu melihat maryam?
Bahasa Arabnya: أَرَأَيْتَ مَرْيَمَ ؟ (a ra-aita maryam?)

Iya, saya melihatnya.
Bahasa Arabnya: نَعَمْ. رَأَيْتُهَا (na'am. ra-aituhaa).

3. Apakah kamu melihat para pelajar itu?
Bahasa Arabnya: أَرَأَيْتَ الطُّلاَّبَ ؟ (a ra-aita ath-thullaaba?)

Iya. Saya melihat mereka.
Bahasa Arabnya: نَعَمْ. رَأَيْتُهُمْ (na'am ra-aituhum).

4. Apakah kamu melihat para siswi itu?
Bahasa Arabnya: أَرَأَيْتَ الطَّالِبَاتِ ؟  (a ra-aita ath-thaalibaati?)

Iya. Saya melihatnya.
Bahasa Arabnya: نَعَمْ. رَأَيْتُهُنَّ (na'am. ra-aituhunna).

5. Apakah kamu melihat ahmad dan muhammad?
Bahasa Arabnya: أَرَأَيْتَ أَحْمَدَ وَمُحَمَّدًا ؟ (a ra-aita ahmad wa muhammad?)

Iya. Saya melihat mereka berdua.
Bahasa Arabnya: نَعَمْ. رَأَيْتُهُمَا (na'am. ra-aituhumaa).