Cara belajar bahasa arab

Table of Content [Lihat di sini]
Bismillah,

Mulai hari ini saya putuskan untuk mendokumentasikan pembelajaran bahasa arab. Mengapa didokumentasikan di blog belajar bahasa arab dasar ? Agar sekaligus dapat muroja'ah. Ini adalah salah satu cara belajar bahasa arab yang menurut saya paling cocok untuk saya. Apa langkahnya? 


salah satu cara belajar bahasa arab


Setelah anda membaca langkah-langkah yang merupakan pengalaman saya dalam belajar bahasa Arab, baca juga artikel pelengkap sebagai tips untuk anda. 

Saya rekomendasikan untuk membaca artikel tips untuk orang yang sedang belajar bahasa Arab, yang dapat anda temukan di bawah tulisan ini.


Langkah belajar mudah bahasa arab berdasarkan pengalaman saya adalah:



1. Dapatkan ilmu dari guru, catat kaidah kaidah, hapal mufrodat.

2. Membaca ulang teori yang sudah di dapat.

3. Kerjakan latihan latihan.

4. Bertanya kepada ahlinya apabila menemukan kesulitan.

5. Muroja'ah dengan menulis kaidah kaidah atau teori.

6. Praktek.


kitab-durusul-lughah-madinah-university
Pada langkah 5, saya memilih untuk menuliskan kaidah atau teori dasar di blog belajar bahasa arab ini. Selanjutnya langkah 6, anda dapat praktek sesuai dengan tujuan utama anda untuk menguasai bahasa arab. Jika tujuan anda agar dapat menerjemahkan kitab para ulama, maka praktek membaca kitab. 


Pilih kitab yang mudah, setiap hari cukup satu halaman atau setengah halaman yang penting anda dapat mengerti membacanya. Jika ada kata baru, tulis kata tersebut dan tanyakan pada guru. Akan tetapi usahakan dulu mencarinya di kamus atau di https://translate.google.com 

atau anda bisa mencari terjemahan katanya di sini.


Jika tujuan utama anda adalah dapat berbicara aktif, maka cari teman sebagai lawan bicara dengan berbahasa arab. Lebih bagus lagi jika anda menemukan native speaker, bisa dicari di groups dan banyak social media yang memungkinkan anda menemukannya. 

Ohya, buku yang saya gunakan adalah Durusul lughah al-arabiyah oleh Syaikh V Abdurrahim, Islamic University Madinah. 

Catatan, saya ini bukan guru atau ahli bahasa arab, saya hanya mencatat apa yang saya dapat di kitab durusul lughah. Blog ini semacam personal notes atau catatan saya ketika belajar kitab ini. 

Akan tetapi saya juga akan menyelipkan catatan saya ketika saya menemukan hal yang penting yang saya dapat di luar kitab durusul lughah. Terakhir, semoga blog ini bermanfaat bagi pemula yang ingin belajar bahasa arab.


Demikianlah sharing salah satu cara belajar bahasa Arab yang mudah berdasarkan pengalaman saya belajar bahasa Arab.


Update:

Saya juga menggunakan buku Al-muyassar , al-mumti' fii syarhil ajurrumiyyah, dan lainnya untuk belajar nahwu, dan akan saya catat juga di blog ini apa-apa yang telah saya pelajari melalui kitab ini.


Bacaan pelengkap dalam belajar bahasa Arab yang direkomendasikan