Bacaan Doa Duduk diantara Dua Sujud | Beserta Cara Baca dan Artinya

Table of Content [Lihat di sini]

Shalat adalah amalan yang merupakan pokok. Ia adalah amalan yang paling pertama dihisab pada hari kiamat.  Oleh karena itu, kita harus lebih memperhatikan shalat dari berbagai segi, mulai dari keikhlasan ketika mengamalkannya, tata caranya, bacaan-bacaannya yang shahih, sarana dan prasarana untuk meningkatkan kekhusyu'an shalat, dan seterusnya.


doa diantara dua sujud sesuai sunnah yang shahih


Salah satu ikhtiar kita agar shalat kita khusyu' adalah meresapi makna bacaan doa dan dzikir shalat. Nah, dalam rangka mengulang-ulang bacaan shalat dan artinya agar semakin hafal serta memaknainya dengan sungguh-sungguh, maka saya berusaha untuk menulis ulang bacaan/doa/dzikir shalat. Kali ini saya akan menulis ulang bacaan doa duduk diantara dua sujud dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya.

Saya akan menulis dua doa duduk diantara dua sujud sesuai sunnah yang shahih beserta artinya kata per kata, kemudian terjemahan lengkapnya.

Doa duduk antara dua sujud yang pertama


رَبِّ اغْفِرْلِيْ , رَبِّ اغْفِرْلِيْ 
(rabbigh firlii, rabbigh firlii)

Arti doa duduk diantara dua sujud


- رَبٌّ (rabbun) artinya Rabb.


- اغْفِرْلِيْ (ighfirlii) artinya ampunilah aku (ampunilah dosaku).

اغْفِرْلِيْ terdiri dari dua komponen yaitu  اغْفِرْ (ighfir) yang artinya ampunilah, dan لِيْ (lii)  yang artinya saya (untuk saya).

اغْفِرْ adalah fi'il amr, bentuk dasarnya (fi'il untuk dhamir هُوَ) adalah غَفَرَ - يَغْفِرُ (ghafara - yaghfiru).

ghafara artinya adalah mengampuni; memberi ampun.


Jadi رَبِّ اغْفِرْلِيْ , رَبِّ اغْفِرْلِيْ  artinya adalah "wahai Rabb, ampunilah aku, wahai Rabb ampunilah aku."


Doa duduk diantara dua sujud yang kedua


اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَارْزُقْنِيْ
(Allahummagh firlii warhamnii wajburnii warfa'nii wahdinii wa'aafinii warzuqnii)


doa duduk diantara dua sujud tulisan arab dan latin serta artinya



Terjemahan doa duduk antara dua sujud


- اللَّهُمَّ (Allahumma) artinya ya Allah.

- اغْفِرْلِيْ (ighfir lii) artinya ampunilah dosa/kesalahanku.

- وَارْحَمْنِيْ (warhamnii) artinya kasihanilah aku; sayangilah aku; rahmati aku.

وَارْحَمْنِيْ terdiri dari tiga komponen yaitu: وَ (dan), اِرْحَمْ (irham) yang artinya sayangilah, dan نِيْ yang artinya aku.

اِرْحَمْ adalah fi'il amr, bentuk fi'il dasarnya adalah رَحِمَ - يَرْحَمُ (rahima - yarhamu).

rahima artinya mengasihi; menyayangi.


- وَاجْبُرْنِيْ (wajburnii) artinya perbaikilah aku; cukupilah kekuranganku.

وَاجْبُرْنِيْ terdiri dari tiga komponen, yaitu وَ (dan), اُجْبُرْ (ujbur) yang artinya perbaikilah, dan نِيْ yang artinya aku.

اُجْبُرْ adalah fi'il amr, fi'il madhi dan mudhari untuk dhamir هُوَ nya adalah جَبَرَ - يَجْبُرُ (jabara- yajburu).

jabara artinya adalah memperbaiki; menambal (menambal kekurangan); memulihkan.


- وَارْفَعْنِيْ (warfa'nii) artinya tinggikanlah aku (angkatlah derajatku).

وَارْفَعْنِيْ terbentuk dari tiga komponen yaitu: وَ (dan), اِرْفَعْ (irfa') yang artinya angkatlah/tinggikanlah, dan نِيْ yang artinya aku.

اِرْفَعْ adalah fi'il amr, bentuk dasar fi'ilnya adalah رَفَعَ - يَرْفَعُ (rafa'a - yarfa'u).

rafa'a artinya adalah mengangkat; meninggikan.

Jadi وَارْفَعْنِيْ artinya adalah angkatlah derajatku.


- وَاهْدِنِيْ (wahdinii) artinya tunjukilah aku (berikanlah aku petunjuk).

وَاهْدِنِيْ terbentuk dari 3 komponen yaitu: وَ (dan), اِهْدِ (ihdi) yang artinya tunjukilah, dan نِيْ yang artinya aku.

اِهْدِ  adalah fi'il amr, bentuk dasar fi'ilnya (fi'il madhi dan mudhari untuk dhamir هُوَ) adalah : هَدَى - يَهْدِيْ (hadaa - yahdii).

hadaa artinya memberi petunjuk;  menunjuki; membimbing.

Jadi وَاهْدِنِيْ artinya tunjukilah aku.


- وَعَافِنِيْ (wa'aafinii) artinya selamatkanlah aku (selamatkan dari kekurangan, penyakit, dll) ; sembuhkanlah aku; sehatkanlah aku.

وَعَافِنِيْ  terdiri dari tiga komponen, yaitu: وَ (dan), عَافِ ('aafi) yang artinya selamatkan, dan نِيْ yang artinya saya.

عَافِ adalah fi'il amr, bentuk dasarnya adalah عَافَى - يُعَافِي ('aafa - yu'aafii).

'aafa artinya adalah menyehatkan; menyembuhkan; menyelamatkan.

Jadi arti dari وَعَافِنِيْ adalah selamatkanlah aku.


- وَارْزُقْنِيْ (warzuqnii) artinya karuniakanlah aku rezeki.

وَارْزُقْنِيْ  terbentuk dari 3 komponen yaitu: وَ (dan), اُرْزُقْ (urzuq) yang artinya karuniailah rezeki, dan نِيْ yang artinya aku.

اُرْزُقْ adalah fi'il amr, bentuk dasarnya adalah  رَزَقَ - يَرْزُقُ (razaqa - yarzuqu).

razaqa artinya adalah memberi rezeki.


Jadi وَارْزُقْنِيْ artinya adalah dan berilah aku rezeki.


==============

Untuk mengetahui arti lengkap dari bacaan doa/dzikir shalat lainnya, silakan membacanya di sini: