Pelajaran 4 - fiil madhi dan dhammir

Table of Content [Lihat di sini]
fiil-madhi-dhammir-1

fiil-madhi-dhammir-2


Pada pelajaran ke empat dari kitab durusul lughah jilid ke dua ini, saya telah mempelajari tentang fi’il madhi dengan beberapa dhamir. Sebagai contoh kata kerja yang dipakai adalah pergi (ذهب), sebagaimana terdapat pada hiwar di atas. 

Baca poin-poin pelajaran 4 di sini:
https://belajarbahasaarabdasar.blogspot.com/2019/05/poin-pelajaran-4-durusul-lughah-2.html


Selengkapnya adalah sebagai berikut:

-Dia (laki laki) pergi: dzahaba (ذهب)
Contoh:

Dia pergi ke pasar: dzahaba ila assuuqi (ذهب إلى السوق)

-Dia (perempuan) pergi: dzahabat (ذهبت)
Contoh:

Dia pergi ke pasar: dzahabat ilas suuqi (السوق  ذهبت إلى )

-Mereka (laki laki) pergi: dzahabuu (ذهبوا)
Contoh:

Mereka pergi ke kampus: dzahabuu ila aljaami’ati (ذهبوا إلى الجامعة)

-Mereka (perempuan) pergi: dzahabna (ذهبن)
Contoh:

Mereka pergi ke kampus: dzahabna ilal jaami’ati (إلى الجامعة ذهبن)

-Engkau (laki laki) pergi: dzahabta (ذهبت)
Contoh:

Apakah engkau pergi ke sekolah?: A dzahabta ila almadrasati? ( أ ذهبت إلى المدرسة ؟ )

-Saya pergi: dzahabtu (ذهبت )
Contoh:

Saya pergi ke masjid: dzahabtu ilal masjidi (ذهبت إلى المسجد)

Kaidah lain yang saya pelajari adalah:

-Bentuk negative sentence dari fi’il madhi: adalah dengan menggunakan partikel maa (ما)
Contoh:

Saya tidak pergi ke pasar: ما ذهبت الى السوق (maa dzahabtu ilaa assuuqi)

-Cara menjawab pertanyaan negative: 

1. Jika jawabannya iya (benar), maka jawabannya: balaa (بلى)
2. Jika jawabannya tidak, maka jawabannya: na’am (
نعم)
Contoh:

Apakah kamu tidak pergi ke sekolah? (tidakkah engkau pergi ke sekolah?):
 أ ما ذهبت إلى المدرسة ؟ (a maa dzahabta ilaa almadrasati?)

Jawaban jika iya: iya, aku pergi ke sekolah (ذهبت إلى المدرسةبلى)
Jawaban jika tidak: tidak, aku tidak pergi ke sekolah (
ذهبت إلى المدرسة ما , نعم)

-Bahasa arabnya karena adalah : li-anna (لأن)

Kaidahnya adalah setelah li-anna maka kata berharakat fathah (manshub)


Kosakata kata benda bahasa arab

- Bahasa arabnya pasar = سُوْقٌ = dibaca suuqun (suuq).
- Bahasa arabnya kampus atau universitas = جَامِعَةٌ = dibaca jaami'atun (jaami'ah)
- Bahasa arabnya sekolah = مَدْرَسَةٌ = dibaca madrasatun (madrasah).