Belajar bahasa arab online - sebuah alternatif tempat belajar bahasa arab

Table of Content [Lihat di sini]
Pada suatu daurah di sebuah kota (di salah satu negara tetangga Saudi Arabia) yang diisi oleh ustadz dari Indonesia ada sebuah kalimat yang “menampar” para jamaah yang datang. Kebetulan saya pendatang baru di kota tersebut pada waktu itu, dan saya melihat sebagian besar ikhwan asal Indonesia, mereka rata rata telah tinggal di kota ini lebih dari dua tahun. Apa kalimat tersebut? Kalimat tersebut adalah, “saya heran ada ikhwan disini yang sudah tinggal dua tahun bahkan delapan tahun, tapi tidak bisa bahasa arab”. Mayoritas jamaah tertunduk. Saya tidak tahu apakah itu tertunduk karena malu, karena mengantuk, atau ikut tertunduk karena hal yang lainnya. Saya adalah termasuk jamaah yang tertunduk. Saya tertunduk karena adanya penyesalan di dalam hati mengapa sempat berhenti belajar bahasa arab sewaktu di Indonesia.

belajar-bahasa-arab-online-jarak-jauh


Itulah kenyataannya. Sebagian besar orang tua, sibuk memfokuskan anak anak mereka belajar bahasa Inggris. Mereka sibuk menasehati anak anak mereka, “nak jika kamu ingin sukses dan bekerja di tempat yang gajinya tinggi, maka kuasai bahasa Inggris”. Tidak ada yang salah dengan itu. Akan tetapi, seorang muslim adalah orang yang orientasinya sukses di akhirat. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, banyak jurnal ilmiah ditulis dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, jika kita mengetahui pentingnya bahasa arab bagi kehidupan dunia dan akhirat kita, Insya Allah kita akan mengutamakan bahasa Arab terlebih dahulu atau paralel mempelajari keduanya. 

Bagi kita kita yang sudah terlanjur mempunyai kesibukan entah itu sudah mempunyai anak, sehingga kita harus bekerja untuk memberi nafkah kepada mereka, atau karena bekerja di lokasi yang jauh dari kota, atau karena alasan lainnya maka kita tetap bisa belajar bahasa arab.

Belajar bahasa arab via online

Alhamdulillah, saya mempunyai kesempatan untuk belajar bahasa arab dari dasar. Saya mempelajari bahasa arab untuk pemula dengan memakai kitab durusul lughah al arabiyyah. Saat ini sudah mempelajari kitab ke dua pelajaran 23. Seperti yang saya sudah tulis pada tulisan sebelumnya, saya membuat blog ini sebagai dokumentasi apa yang sudah saya pelajari di dalam kitab ini.

Saya akan sharing tentang bagaimana belajar bahasa arab untuk teman teman yang tidak punya akses ke tempat kursus bahasa arab atau guru bahasa arab karena jauhnya lokasi atau karena kondisi yang lainnya. Apa itu? Belajarbahasa arab online. Artinya teman teman dapat belajar via internet atau via media lain seperti whatsapp, BBM (Blackberry Messenger) , dan yang lainnya.

Saya akan menyebutkan contoh belajar bahasa arak jarak jauh:


Alamat di atas adalah contoh program bahasa arab yang dapat teman teman ikuti.

Ada juga program belajar bahasa arab via wiziq.com, teman teman dapat mencari dengan kata kunci “learn Arabic” atau “belajar bahasa arab” . Ada beberapa ikhwan yang menjadi tutor bahasa arab di website ini, contohnya Abu Kayyisa. Sekarang ini beliau tinggal di Abu Dhabi, di wiziq beliau mengajar bahasa arab dengan menggunakan dua kitab, salah satunya adalah durusul lughah. Jika antum tertarik, silakan menghubungi beliau di webnya di belajarhadits.com 

Ada juga progam yang diselenggarakan oleh masjid al barkah program takhassus, belajar bahasa arab via BB (group di blackberry).

Kesimpulan

Jika kita berkeinginan yang kuat untuk belajar bahasa Arab, Insya Allah ada saja jalannya baik itu belajar konvensial di tempat kursus bahasa arab atau belajar bahasa arab jarak jauh via online.