Kata yang terdiri dari 1 huruf dalam bahasa arab beserta artinya

Table of Content [Lihat di sini]


Mungkin teman sudah mengetahui catatan yang saya buat sebelumnya. Catatan dokumentasi mengenai 3 root letter (tiga huruf pembentuk kata) dalam bahasa arab.

Sebagai pengingat saja, kata kata (utamanya kata kerja) dalam bahasa arab umumnya terdiri dari tiga huruf dasar. Contohnya:

كَتَبَ = menulis

قَرَأَ = membaca

Di dalam bahasa Arab, kita juga sering menemukan kata yang terdiri dari dua huruf. Contohnya:

مِنْ = dari

مَنْ = siapa

Nanti, kita akan menemukan kata yang terdiri dari empat huruf. Nah, yang ini akan dibahas nanti, sebab saya belum belajar tentang hal ini.

Untuk catatan kali ini, saya akan mendokumentasikan kata bahasa arab yang terdiri dari satu huruf. Saya catat dalam blog ini contoh kata-katanya beserta artinya atau beserta fungsinya.

Daftar kata dalam bahasa arab yang terdiri dari satu huruf beserta artinya


1. Alif = ا
Kegunaan atau arti huruf alif adalah =

a. Untuk membuat kata/kalimat tanya.
Contoh:

هَذَا قَلَمُكَ = Ini penamu.

Kalimat di atas dapat dibuat kalimat tanya dengan menambah alif didepannya, yaitu:

أَ هَذَا قَلَمُكَ ؟ = Apakah ini penamu?

b. Untuk membuat kalimat perintah.
Contoh:

كَتَبَ adalah kata kerja, artinya = Dia telah menulis.

Kata kerja di atas, dapat dijadikan kata perintah dengan menambahkan alif didepannya, yaitu:

اُكْتُبْ = Tulislah.

c. Untuk menunjukkan kata ganti saya pada kata kerja.
Contoh:

فَعَلَ = Dia telah melakukan

Kata ganti dia, dapat kita ganti dengan kata ganti saya dengan menambahkan alif didepan, yaitu:

أَفْعَلُ = Aku sedang melakukan

2. Huruf ba = ب
Fungsi huruf ba adalah sebagai kata yang berarti dengan jika diikuti oleh kata benda.
Contoh:

يَدُكَ = tanganmu

Jika kita ingin mengucapkan dengan tanganmu, bahasa arabnya adalah

بِيَدِكَ = dengan tanganmu

Saya akan menyebut satu contoh lagi, yang saya dan teman-teman sering menyebutnya, yaitu lafal basmalah.

بِسْمِ اللَّهِ = dengan nama Allah.
Bi = dengan
ismun = nama

Catatan: kata benda setelah bi menjadi berakhiran kasrah (I).

3. Huruf sin = س
Kegunaan huruf sin adalah untuk membuat kata kerja menjadi bentuk future tense (masa datang).

يَقُوْلُ = Dia sedang berkata

Untuk mengatakan saya akan bekerja, kita bisa berkata sebagai berikut:

سَيَقُوْلُ = Dia akan berkata

4. Huruf fa = ف

Arti huruf ta adalah: kemudian, maka, oleh sebab itu maka (tergantung konteks kalimat).
Teman pasti ingat kalimat-kalimat yang sering diulang dalam surat Ar-Rahmaan. Kalimat tersebut diawali dengan huruf fa, yang artinya adalah “maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Lihat surah Ar-Rahmaan ayat 13).

Pada kesempatan ini, cukup empat huruf ini dahulu yang saya dokumentasi pada blog ini. In syaa Allah akan diteruskan kembali dengan huruf-huruf lainnya pada tulisan selanjutnya.


Tambahan dokumentasi mengenai macam-macam huruf jar. Mengapa saya tambah di sini? Sebab huruf jar dalam bahasa arab contohnya ada yang terdiri dari satu huruf misalnya huruf lam (ل), huruf kaf (ك). Lihat lebih lengkap contoh huruf jar lainnya dalam bahasa arab di: