Maf'ul Muthlaq - lahu - ma'ah selalu manshuub - Kitab Tashiilun Nahwi - Pelajaran 19

Table of Content [Lihat di sini]

Setelah membahas tentang maf'ul bih, maka saya akan menjelaskan tentang al-manshuubaat selanjutnya dari kitab tas-hilun nahwi.

Kata-kata yang selalu manshuub


مَفْعُلْ مُطْلَقٌ  = maf'ul muthlaqun


Maf'ul muthlaq adalah مَصْدَرٌ (mashdar) dari fi'il.

Biasanya maf'ul muthlaq digunakan untuk:

- تَاْكِيْدٌ = ta'kiid atau penekanan.

Contoh = ضَرَبْتُهُ ضَرْبًا = dharabtuhu dharban
Artinya = Saya memukulnya dengan sangat.

Dharban itu manshuub karena dalam kalimat ini ia berfungsi sebagai penekanan (emphasis).


- بَيَانُ النَّوْعِ  = bayaanu an-nau'i atau description of type.

Contohnya = جَلَسْتُ جِلْسَةَ القَارِئِ = jalastu jilsatal qaari-i
Artinya = Saya duduk seperti duduknya qaari.


- بَيَانُ العَدَدِ = bayaanul 'adadi atau keterangan jumlah.

Contoh kalimat: ضَرَبْتُهُ ضَرَبَتَيْنِ = dharabtuhu dharabataini
Arti: Saya memukul dia dua kali.



contoh kalimat dengan maf'ul muthlaq dan artinya



مَفْعُوْلٌ لَهُ atau مَفْعُوْلٌ لِأَجْلِهِ = maf'uulun lahu atau maf'uulun li ajlihi 


Maf'ul lah adalah isim mashdar yang menjelaskan tentang alasan sebuah perbuatan.

Contoh kalimat:

ضَرَبْتُهُ تَأْدِيْبًا  = dharabtuhu ta'diiban
Artinya = Saya memukulnya untuk mengajarnya adab.

Penjelasan = alasan memukul adalah untuk mengajarkan adab.


contoh kalimat maf'ul li ajlihi atau maf'ul lahu dan artinya



مَفْعُوْلٌ مَعَهُ  = maf'ul ma'ah


Maf'ul ma'ah adalah isim yang terletak setelah و (wa) yang berarti dengan/bersama.

Wa ini dikenal dengan waw al-ma'iyyah (وَاوُ المَعِيَّةِ )

Contoh:

جَاءَ زَيْدٌ وَالكِتَابَ  = jaa-a Zaidun wal kitaaba
Arti = Telah datang Zaid bersama buku.

جِئْتُ وَزَيْدًا  = Ji'tu wa Zaidan
Artinya = Saya datang dengan Zaid.


contoh kalimat maf'ul ma'ah dan artinya