Soal Jawab Dari Kitab Durusul Lughah 1 - Pelajaran 1 sampai 6

Table of Content [Lihat di sini]

سُؤَالٌ وَجَوَابٌ   =  su-aalun wajawaabun

دُرُوْسُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ لِغَيْرِ النَّاطِقِيْنَ بِهَا = duruusu al-lughati al-arabiyyati lighairi an-naathiqiina bihaa

الْجُزْءُ الأَوَّلُ  = al-juz-u al-awwal

Pertanyaan dan Jawaban Kitab Durusul lughah al-Arabiyyah lighairi an-naathiqiina bihaa jilid satu.


pertanyaan dan jawaban dari kitab durusul lughah 1 pelajaran 1 sd 6


Pendahuluan


Mengulang pelajaran adalah salah satu aktivitas belajar yang penting. Fungsinya adalah agar informasi yang sudah kita pelajari menjadi lebih tertanam di memori jangka panjang dan lebih memahami konsep dasar pelajaran.

Salah satu aktivitas mengulang pelajaran (  مُرَاجَعَةٌ / atau yang biasa kita kenal dengan muraja'ah) adalah dengan membuat soal yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari, kemudian berusaha menjawab semua soal tersebut.

Pada postingan kali ini, saya menuliskan soal dan jawab, yaitu soal yang berkaitan dengan materi pelajaran pada kitab durusul lughah jilid 1, yaitu pada pelajaran 1 sampai pelajaran 6.


Contoh Soal Materi Durusul lughah al-Arabiyyah jilid 1 Pelajaran 1 sd 6 & Jawabannya


1. Sebutkan istilah dalam Bahasa Arab kata tunjuk jarak dekat untuk isim mufrad dan mudzakkar!

Jawab:

اِسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُذَكَّرِ الْقَرِيْبِ  = ismu isyaaratin lilmufrad al-mudzakkar al-qariib.


isim isyarah dzaalika




2. Sebutkan kata tunjuk jarak dekat untuk isim mufrad mudzakkar!

Jawab:

هَذَا  = haadzaa



3. Buat tiga contoh kalimat menggunakan   اِسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُذَكَّرِ الْقَرِيْبِ الْعَاقِلِ  dan isimnya!

Jawab:

a. هَذَا اِبْنٌ  = haadzaa ibnun = ini anak laki-laki.

b. هَذَا مُدَرِّسٌ  = haadzaa mudarrisun = ini guru.

c. هَذَا وَلَدٌ = haadzaa waladun = ini anak laki-laki.



4. Buat tiga contoh kalimat menggunakan    اِسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُذَكَّرِ الْقَرِيْبِ غَيْرِ الْعَاقِلِ   dan isimnya!

Jawab:

a. هَذَا مَسْجِدٌ  = haadzaa masjidun = ini masjid.

b. هَذَا بَيْتٌ  = haadzaa baitun = ini rumah.

c. هَذَا مِفْتَاحٌٌ  = haadzaa miftaahun = ini kunci.



5. Sebutkan  اِسْمُ اسْتِفْهَامٍ لِغَيْرِ الْعَاقِلِ  (ismu istifhaamin lighairi al-aaqil) !

Jawab:

مَا  =  maa


isim istifham lighairi al-'aaqil = maa



6. Buatlah tiga kalimat tanya menggunakan  اِسْمُ اسْتِفْهَامٍ لِغَيْرِ الْعَاقِلِ  !

Jawab:

a.  
مَا هَذَ؟  = maa haadzaa?  =  apakah ini?
هَذَا قَمِيْصٌ   = haadzaa qamiishun = ini baju.

b. 
مَا هَذَ؟  = maa haadzaa?  =  apa ini?
هَذَا نَجْمٌ  = haadzaa najmun = ini bintang.

c. 
مَا هَذَ؟  = maa haadzaa? = apakah ini?
هَذَا بَابٌ  = haadzaa baabun =  ini pintu.



7. Apa   هَمْزَةُ الْاِسْتِفْهَامِ   (hamzatu al-istifhaam) itu ?

Jawab:

Adalah huruf hamzah  (  أَ  )   yang digunakan untuk pertanyaan yang memerlukan jawaban iya atau tidak (dalam bahasa Inggris dikenal yes/no question).



8. هَمْزَةُ الْاِسْتِفْهَامِ mempunyai حَرْفٌ جَوَابٌ  (harfun jawaabun), yaitu :

Jawab:    

نَعَمْ  dan لاَ

na'am = iya

laa = tidak



9. Buat dua kalimat menggunakan  هَمْزَةُ الْاِسْتِفْهَامِ  beserta حَرْفٌ جَوَابُهُ  !

Jawab: 

a. أَهَذَا بَيْتٌ؟  = a haadzaa baitun?  = Apakah ini rumah?
نَعَمْ, هَذَا بَيْتٌ  = na'am, haadzaa baitun = iya, ini rumah.

b. أَهَذَا مِفْتَاحٌ؟  = a haadzaa miftaahun?  = apakah ini kunci?
لاَ, هَذَا قَلَمٌ = laa, haadzaa qalamun = tidak, ini pena.



10. Sebutkan  اِسْمُ اسْتِفْهَامٍ لِلْعَاقِلِ  (ismu istifhaamin lil-'aaqil) !

Jawab :
مَنْ  = man = siapa



11. Sebutkan contoh kalimat pertanyaan serta jawabannya menggunakan     اِسْمُ اسْتِفْهَامٍ لِلْعَاقِلِ !

Jawab:

مَنْ هَذَا؟ = man haadzaa?  = siapakah ini?
هَذَا طَالِبٌ = haadzaa thaalibun = ini siswa.


12. Apa  اسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُذَكَّرِ الْبَعِيْدِ  (ismu isyaaratin lilmufrad al-mudzakkar al-ba'iid) itu ? dan sebutkan!

Jawab: 

Kata tunjuk jarak jauh untuk isim mufrad mudzakkar, yaitu: ذَلِكَ 



13. Apakah اسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُذَكَّرِ الْبَعِيْدِ الْعَاقِلِ  (ismu isyaaratin lilmufrad al-mudzakkar al-ba'iid al-'aaqil) sama dengan   
اسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُذَكَّرِ الْبَعِيْدِ غَيْرِ الْعَاقِلِ (ismu isyaaratin lilmufrad al-mudzakkar al-ba'iid ghairi al-'aaqil) ?

Jawab:

Sama, yaitu menggunakan    ذَلِكَ




14. Sebutkan  حَرْفُ تَعْرِيْفٍ  (harfu ta'riifin) !

Jawab:

الْ  = al


15. Apakah salah satu ciri  اسْمُ الْمَعْرِفَةُ  (ismu al-ma'rifah) itu ?

Jawab:

Salah satu cirinya adalah isim tersebut diawali dengan  حَرْفُ تَعْرِيْفٍ , yaitu ال (al).

Contoh isim ma'rifah yang lainnya dapat dibaca di sini => isim ma'rifah & nakirah


contoh isim ma'rifah




16. Apa kaidah dasar penambahan awalan حَرْفُ تَعْرِيْفٍ pada isim?

Jawab:

Akhiran pada isim tidak lagi bertanwin, contohnya:

بَيْتٌ menjadi الْبَيْتُ   =>  baitun mendapat awalan al menjadi al-baitu.



17. Apakah اسْمُ الْمَعْرِفَةُ  (ismu al-ma'rifah) itu?

Jawab:

Sesuatu (benda) yang tertentu, misalnya benda yang ditunjuk, ditentukan, atau yang khusus.

Istilah dalam Bahasa Arabnya adalah:  شَيْءٌ مُعَيَّنٌ   (syai-un mu'ayyan)


Review isim nakirah dan ma'rifah di sini: Kaidah isim nakirah dan isim ma'rifah.


18. Apakah اِسْمُ النَّكِرَةِ  (ismu an-nakirah) itu?

Jawab:

شَيْءٌ غَيْرُ مُعَيَّنٍ   (syai-un ghairu mu'ayyan), yaitu sesuatu (benda) yang umum, lawan dari اسْمُ الْمَعْرِفَةُ  



19. Sebutkan kaidah الْحُرُوْفُ الْقَمَرِيَّةُ  (al-huruufu al-qamariyyatu) !

Jawab:

Kaidahnya adalah: 

lam sukun pada الْ diucapkan dengan jelas, contoh:

الْبَابُ , dibaca al-baabu.



20. Sebutkan kaidah  الْحُرُوْفُ الشَّمْسِيَّةُ  (al-huruufu asy-syamsiyyatu)!

Kaidahnya adalah:

lam sukun tidak dibaca dan terdapat شَدَّةٌ  (syaddah) pada huruf setelah lam.

Contoh:

التَّاجِرُ , dibaca at-taajiru, artinya pedagang.



21. Sebutkan  الْحُرُوْفُ الشَّمْسِيَّةُ  !

Jawab:


Huruf syamsiyyah adalah :

ت, ث, د, ذ, ر, ز, س, ش, ص, ض, ط, ظ, ل, ن



22. Sebutkan الْحُرُوْفُ الْقَمَرِيَّةُ !

Jawab:

Huruf qamariyyah adalah huruf-huruf selain yang telah disebutkan pada jawaban soal nomor 21, yaitu:

أ, ب, ج, ح, خ, ع, غ, ف, ق, ك, م, و, ه, ي




23. Sebutkan 4 contoh  حُرُوْفُ الْجَرِّ  (huruufu al-jarr) !

Jawab:

فِيْ, عَلَى, مِنْ, إِلَى

fii = di/di dalam

'alaa = di atas

min = dari

ilaa = ke





24. Apakah kaidah  حُرُوْفُ الْجَرِّ?

Jawab:

Huruf jar membuat isim setelahnya menjadi majrur (  مَجْرُوْرٌ  )




25. Buat contoh kalimat menggunakan فِيْ!

Jawab:

أُمِّيْ فِي الْمَطْبَخِ  = ummii fii al-mathbakhi = ibuku ada di dapur.




26. Buat contoh kalimat menggunakan عَلَى!

Jawab:

الْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ  = al-kitaabu 'alaa al-maktabi = buku itu ada di atas meja.




27. Buat contoh kalimat menggunakan مِنْ!

Jawab:

خَرَجَ الطَّالِبُ مِنَ الْفَصْلِ  = kharaja ath-Thaalibu minal fashli = murid itu keluar dari kelas.




28. Tulis contoh kalimat menggunakan kata إِلَى !

Jawab:

ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ = dzahaba ath-thaalibu ilaa al-madrasati = siswa itu pergi ke sekolah.



29. Apa istilah dalam bahasa Arab dari "kata tanya tempat" ?

Jawab:

اِسْمُ اسْتِفْهَامٍ لِلْمَكَانٍ  = ismu istifhaamin lilmakaan.



30. Sebutkan  اِسْمُ اسْتِفْهَامٍ لِلْمَكَانٍ !

Jawab:

أَيْنَ  = aina



31. Buat kalimat tanya menggunakan kata أَيْنَ  beserta contoh jawabannya!

Jawab:

أَيْنَ أَبُوكَ؟   = aina abuuka? = dimanakah bapakmu?
هُوَ فِي الْمَسْجِدِ  = huwa fii al-masjidi = dia di masjid.



32. Apa kaidah dasar untuk nama seorang perempuan dalam bahasa Arab?

Jawab:

Nama anak perempuan umumnya tidak bertanwin, contohnya:

فَاطِمَةُ, زَيْنَبُ, رُقَيَّةُ, مَرْيَمُ


33. Sebutkan kaidah dasar  الْمُضَافُ وَالْمُضَافُ إِلَيْهِ  (al-mudhaaf wa al-mudhaafu ilaih) !

Jawab:

Kaidah  الْمُضَافُ وَالْمُضَافُ إِلَيْهِ :

a. مُضَافٌ tidak bertanwin

b.  مُضَافٌ tidak berawalan الْ

c. مُضَافٌ إِلَيْهِ menjadi مَجْرُوْرٌ

Contoh :

قَلَمُ حَامِدٍ , بَابُ الْمَدْرَسَةِ  

qalamu haamidin = pena milik hamid

baabu al-madrasati = pintu sekolah






34. Sebutkan  حَرْفُ نِدَاءٍ  (harfu nidaa-in)!

Jawab:

يَا = yaa



35. Apakah الْمُنَادَى   (al-munadaa) itu?

Jawab:

الْمُنَادَى adalah isim yang didahului oleh حَرْفُ نِدَاءٍ , atau orang yang diseru/dipanggil.



36. Sebutkan kaidah الْمُنَادَى !

Jawab:

الْمُنَادَى  tidak bertanwin dan jika tidak dalam bentuk مُضَافٌ maka ia  مَرْفُوعٌ (marfuu')

Contoh:

يَا وَلَدُ  = yaa waladu = wahai anak!

يَا مُحَمَّدُ = yaa Muhammadu = wahai Muhammad!

يَا أُسْتَاذُ  = yaa ustaadzu = wahai ustadz!


37. Tuliskan contoh تَعْبِيْرٌ   (ta'biir) untuk menanyakan kepemilikan benda tertentu dalam bahasa Arab.

Jawab:

قَلَمُ مَنْ هَذَا؟  = qalamu man haadzaa? = pena milik siapa ini?
هَذَا قَلَمُ حَامِدٍ  = haadzaa qalamu haamidin = ini pena milik Hamid.


اِبْنُ مَنْ أَنْتَ؟ = ibnu man anta?  = anak siapa kamu?
أَنَا ابْنُ مُحَمَّدٍ  = anabnu Muhammadin = saya anaknya Muhammad.


38. Telah diketahui bahwa اِسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُذَكَّرِ الْقَرِيْبِ  adalah هَذَا, sekarang sebutkan                            اِسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُؤَنَّثِ الْقَرِيْبِ   (ismu isyaaratin lilmufrad al-mu-annats al-qariib) !

Jawab:

هَذِهِ = haadzihi



39. Apakah sama اِسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُؤَنَّثِ الْقَرِيْبِ الْعَاقِلِ  dengan  
اِسْمُ إِشَارَةٍ لِلْمُفْرَدِ الْمُؤَنَّثِ الْقَرِيْبِ غَيْرِ الْعَاقِلِ ?     

Jawab:

Sama, yaitu sama-sama menggunakan هَذِهِ




40. Apa ciri-ciri dasar اِسْمُ مُؤَنَّثٍ   (ismu mu-annats) ?

Jawab:

اِسْمٌ  tersebut mempunyai huruf akhir ة   (ta marbutah).

Contoh:

سَيَّارَةٌ , مُدَرِّسَةٌ, مِكْوَاةٌ

sayyaratun = mobil

mudarrisatun = guru

mikwaatun = setrika




41. Apakah semua اسْم yang berakhiran ة itu مُؤَنَّثٌ ?

Jawab:

Tidak semua isim yang berakhiran ة itu مُؤَنَّثٌ , ada isim yang berakhiran ta marbutah itu مُذَكَّرٌ (mudzakkar).

Contoh:

حَمْزَةُ , أُسَامَةُ

Hamzatu/Hamzah = nama orang laki-laki

Usaamatu/Usaamah = nama orang laki-laki 



42. Apakah ada مُؤَنَّثٌ  yang huruf akhirnya selain huruf ة ?

Jawab:

Ada, contohnya:

بِنْتٌ, أُخْتٌ, أُمٌّ, قِدْرٌ, شَمْسٌ

bintun = anak perempuan

ukhtun = saudara perempuan

ummun = ibu

qidrun = periuk 



43. Sebutkan kaidah untuk anggota tubuh yang berpasangan!

Jawab:

Anggota tubuh yang berpasangan adalah مُؤَنَّثٌ

Contoh:

هَذِهِ عَيْنٌ  = haadzihi 'ainun = ini mata

هَذِهِ يَدٌ = haadzihi yadun =  ini tangan


Sedangkan anggota tubuh yang tidak berpasangan, seperti hidung, mulut, dan seterusnya adalah مُذَكَّرٌ

Contoh:

هَذَا أَنْفٌ  = haadzaa anfun = ini hidung

هَذَا فَمٌ = haadzaa famun = ini mulut



44. Tuliskan contoh تَعْبِيْرٌ untuk menanyakan kepemilikan suatu benda dalam bahasa Arab.    

Jawab:

لِمَنْ هَذِهِ؟  (liman haadzihi?) = milik siapa ini?

هَذِهِ لِمُحَمَّدٍ = haadzihi limuhammadin =  ini milik muhammad.



Demikianlah 44 soal dan jawabannya, semoga sobat menjadi lebih paham konsep dasar materi bab 1 sampai bab 6 pada buku durusul lughah jilid satu ini.

                                     
Untuk melanjutkan ke pelajaran 7 sampai 9 kitab durusul lughah, silakan browse di sini: latihan soal durusul lughah 1 dan jawabannya bab 7 sampai 9